Rabu, 24 April 2013

Kokologi Game Psikologi 4


Kenangan Manis

1. di dalam toko permen , temen temen menemukan berbagai jenis permen, coklat dan perman yang dulu pernah anda makan. permen-permen itu ada yang disusun rapi  di rak ada juga yang di masukkan dalam sebuah toples atau keranjang. permen manakah yang akan temen temen pilih lebih dulu ? berikan alasannya !

2. selagi berkeliling-keliling di toko untuk memilih, temen temen melihan segerombolan anak kecil bersiap memasuki toko tersebut. Berapakah jumlah anak-anak itu ?

3. Temen temen membeli dan pulang dengan sebungkus permen. tapi ketika membukanya, anda melihat penjaga toko telah menambahkan permen tambahan sebagai bonus. berapakan jumlah permen bonusnya ?

4. temen temen sedang berpikir untuk memberikan permen itu sebagai hadiah bagi seseorang, siapakah yang ingin anda beri ?


jawabannya :

1. jika anda memilih permen yang ada hadiah kejutan didalamnya :

anda adalah seorang yang positif terhadap orang lain yang ingin memberikan hadiah kepada anda.
namun hati-hati, jangan sampai ini berujung pada sifat matrealistis
jika anda memilih permen karena teringat akan rasanya :
Anda adalah orang yang haus akan kasih sayang
jika anda memilih permen karena bungkusnya menarik :
Anda melihat seseorang dari luar saja . ingat yang kita makan adalah "isinya" bukan "bungkusnya"

2. jumlah anak yang masuk adalah jumlah orang yang anda andalkan dalam hidup ini. sebagai manusia tentu kita memerlukan dukungan dan motivasi dari orang-orang terdekat. namun bagi yang mengatakan tidak ada seorang anak pun yang akan masuk , mungkin perlu memikirkan kembali caranya memandang dunia

3. jumlah banyaknya bonus permen yang diberikan adalah pengukur ketergantungan anda pada seorang ibu. permen yang diberikan adalah lambang kasih sayang ibu yang anda harapkan. kebnayakan dari orang dewasa mengatakan satu atau dua permen. bila anda mengatakan sepuluh atau dua puluh ?? mungkin anda perlu belajar mandiri.

4. kepada siapa anda akan memerikan permen ? orang itu adalah yang anda harapkan akan anda asuh dan hidup bergantung dengan anda. siapakah dia ? orang tua, pasangan, atau anda tak kan memberikanyapada siapa-siapa ?


Kebijakan Pengembalian

Ketika kamu berniat menembak seseorang dan membawakan kado istimewa untuknya, lalu saat kamu mengugkapkan cinta , ia bekata ' Maaf, aku tidak dapat menerimanya'
lalu apa yang anda lakukan dengan kado tesebut setelah patah hati ?

1. menggunakan sendiri
2. memberikan kepada orang lain
3. membuangnya
4.mengirim hadia kepada orang yag menolaknya

jawabannya :

1. anda pandai menahan hawa nafsu dan menanggapi pesoalan dgn kepala dingin
2. anda berusaha membuat sesuatu yang burk agar selalu telihat lebih baik
3. anda susah lepas dari masa lalu
4. anda tidak mengindahkan seseorang yang lain untuk mendekati anda

Kotak Musik

Kotak musik adalah sebuah kotak. Tapi kotak musik itu dapat menenangkan hati. Dari dalam kotak kecil tersebut Anda bisa mendengarkan alunan syair merdu sebuah lagu. Sebuah alunan lagu yang dapat menentramkan hati. Pada suatu saat Anda ingin sekali kotak musik, lalu langkah kaki Anda akhirnya sampai ke sebuah toko bekas. Di sana Anda melihat sebuah kotak musik. Kecil tapi indah ketika didengar, tanpa pikir panjang Anda pun membelinya.

Sesampainya di rumah, Kotak kecil tersebut selalu Anda mainkan. Selalu Anda dengarkan dan dia selalu menemani Anda dalam suka maupun duka.
Lalu, sampai kapankah kotak musik tersebut akan bertahan dan sampai akhirnya harus rusak? (Silahkan jawab apapun terserah yang penting ukurannya waktu)

Lantas, bagaimanakah perasaan Anda ketika kotak musik tersebut rusak?

Oke, sudahkah semua dijawab? Kalau sudah bagus. Mari kitalihat penjelasannya bersama-sama. Kalu belum dijawab, jawab dulu. Jangan Malas!




Penjelasan kotak musik:
Ada dua pertanyaan dalam ceita di atas yang harus Anda jawab. Jawaban Anda akan menguak sisi kesetian Anda. Karena kotak musik tersebut adalah perlambang cinta dan kasih sayang karena dapat menentramkan hati.
Lalu, jawaban berapa lamanya kotak musik bertahan berkaitan dengan lamnya suatu hubungan cinta yang Anda inginkan, apakah tadi Anda menjawab 2 tahun atau lebih? Bagus, berarti Anda sudah siap menuju ke jenjang yang lebih tinggi yaitu relationship. Tapi mungkin bagi yang hanay menjawab 1 minggu atau 1 bulan, bisa Anda asumsikan sendiri.
Lantas, perasaan yang Anda rasakan ketika kotak musik tersebut rusak adalah perasaan yang sama ketika Anda putus dengan pacar Anda atau putusnya suatu hubunngan dengan orang yang Anda kasihi.




Menjemur baju

mungkin nampak sedikit kuno sekarang. Tapi tidak terlalu lama di masa lalu ketika menjemur baju di luar rumah adalah satu-satunya cara mengeringkan baju. Sekarang kita dilengkapi dengan pengering otomatis dari mesin cuci. Dulu biasanya Anda yang harus memperhatikan cuaca ketika sedang mencuci atau harus menghabiskan waktu mengeringkan celana Jeans yang basah.Anda berada pada jaman ketika segalanya dicuci dengan tangan dan digantung sampai kering. Baju-baju kotor mulai menumpuk. Anda benar-benar harus mencucinya hari ini. Ketika melihat ke angkasa Anda melawan awan gelap pertanda akan hujan. Apa yang terlintas di pikiran?

1.”Oh tidak, kau pasti bercanda! Maksudmu aku harus menunggu sampai besok? Apa yang akan aku pakai?“
2.”Tunggu saja sebentar dan lihat apakah cuaca akan cerah“
3.”Yah, aku rasa tidak harus mencuci hari ini“
4.”Aku akan tetap mencuci biarpun hujan atau tidak“

Yaps…..! STOP dulu sampai sini.
Jangan mencoba membaca paragraph selanjutnya sebelum Anda memilih jawaban yang sesuai dengan pikiran yang muncul pertama kali di kepala Anda.
Ok…! Jika sudah, Anda bisa melanjutkan membaca tulisan ini.
___________________________________________________________________________
Rahasia dibalik jawaban Anda :
Ketika cuaca buruk yang tak terduga ditambahkan ke dalam tugas-tugas rumah tangga yang membosankan, Anda mendapatkan contoh nyata stress kecil yang dihadapi dalam hidup sehari-hari. Jawaban Anda terhadap cucian menunjukkan ukuran stress yang dirasakan dalam kehidupan.

Pertama
“Oh tidak, kau pasti bercanda! Maksudmu aku harus menunggu sampai besok? Apa yang akan aku pakai?“

Tingkat stress : 80 %. Anda membiarkan segala hal-hal kecil yang buruk mempengaruhi Anda. Sekarang stress telah menumpuk tinggi sehingga gangguan terkecil saja dapat membuat Anda kesal seharian. Sudah saatnya Anda beristirahat dan santai sebelum hal itu mempengaruhi kesehatan.

Kedua

“Tunggu saja sebentar dan lihat apakah cuaca akan cerah“

Tingkat stress : 50 %. Anda tidak dipenuhi stress dalam hidup. Anda tetap dapat tenang ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan. Teruslah berusaha menyelesaikan masalah yang dapat Anda pecahkan ketika muncul. Anda akan baik-baik saja. Ingat, tidak semua stress itu buruk. Biarkan stress dalam hidup memotivasi Anda.

Ketiga

“Yah, aku rasa tidak harus mencuci hari ini“

Tingkat stress : hampir 0 %. Anda tidak membiarkan masalah kecil mengganggu dan tidak punya alasan untuk kuatir. Anda mungkin sudah yakin dengan filosofi tenang. Anda tidak dapat menghentikan hujan dengan menguatirkannya.

Keempat

“Aku akan tetap mencuci biarpun hujan atau tidak“

Tingkat stress : hampir 100 %. Anda merasakan stress yang tinggi dalam hidup sehingga mengabaikan kenyataan dan berusaha mencapai hal yang mustahil. Ketika gagal, Anda akhirnya berhadapan dengan masalah yang lebih besar dan lebih banyak stress dari sebelumnya. Jika meluangkan waktu untuk santai dan memikirkan semuanya, Anda akan melihat berapa banyak usaha yang terbuang. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu tegang. Memakai kaos kaki yang sama sehari lagi tidak akan membunuh Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

pengunjung yang baik, pengunjung yang selalu memberikan komentar, saran dan kritik yang membangun untuk lebih baik lagi di ke depannya..
TrimaKasih..

Translate

Popular Posts

Categories